Tips Mudik dari Yamaha Indonesia





JAKARTA - Hari Raya Lebaran kian dekat dan para pemudik pun siap-siap mudik untuk merayakannya bersama keluarga di kampung halaman. Untuk kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahun sebagai tradisi masyarakat Indonesia ini, ada hal - hal yang harus diperhatikan agar mudik berjalan nyaman.

Seperti diketahui, jalan raya memiliki kualitas yang bervariasi. Ada yang halus dan mulus, ada yang bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cerah hal yang dihadapi tidak terlalu berat bagi pengendara sepeda motor. Namun sebaliknya jika sudah memasuki musim hujan. Perlu adanya perhatian terhadap sepeda motor, hal ini untuk lebih melindungi pengendara dari kecelakaan. Berikut ini tips untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam.

TIPS PEMERIKSAAN KONDISI SEPEDA MOTOR

Pemeriksaan Kembang Ban

Ban adalah bagian yang vital pada sepeda motor , apalagi digunakan pada saat hari hujan. Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dengan baik.

Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul. Karena Saat melewati genangan air "Alur Ban" tersebut akan menyalurkan air kearah samping ban. Jika tidak ada alurnya "Air tidak dapat di distribusikan kearah samping akibatnya ban terangkat diatas permukaan air. Hal tersebut akan membuat sepeda motor oleng". Perhatikanlah hal hal berikut ini :

  1. Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.

    Tips : Jika melakukan penggantian Ban, Sebaiknya menggunakan merk dan Tipe yang sama antara Ban Depan dan belakang. Tipe kembang yang berbeda akan menyebabkan kinerja Ban berlainan. Cara aman gunakanlah tipe Ban yang direkomendasi oleh Pabrikan sepeda motor yang anda pakai karena pasti pihak pabrikan sudah melakukan test dengan berbagai kondisi cuaca. Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pabrikan.
  2. Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan, namun banyak pengguna motor yang tidak memperhatikannya.

    Pemeriksaan tekanan Angin pada Ban, sebaiknya sesuai standard (Bacalah spesifikasi Pabrik pada buku panduan Pemilik). Jika terlalu rendah tekanannya Sepeda motor terasa berat saat dikendarai dan akan mudah bocor karena Ban Bagian dalam akan bergesekan dan menimbulkan panas berlebih. Jika terlalu kencang tekanannya akan terasa tidak stabil pada kecepatan menengah dan tinggi karena permukaan ban yang menyentuh permukaan jalan terlalu kecil.
  3. Pasanglah "Tutup Pentil" , karena akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan.
  4. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dengan yang baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu pemakaiannya. O ring yang sudah mengeras biasa akan retak sehingga mengakibatkan kebocoran.
  5. Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai, akan mudah mengalami kebocoran. Apalagi jika sudah terlalu banyak tambalannya.

Pemeriksaan Sistim pemasukan Bahan Bakar & Karburator

Saat hujan menyebabkan kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yang disedot oleh karburator banyak mengandung air sehingga jika kondisi Sistim Bahan bakar seperti Tanki Bahan Bakar, Kran Bahan Bakar dan pipa bahan bakar terdapat karat atau kandungan air akan mengakibatkan kinerja mesin tersendat. Hal itu akan lebih menyusahkan dalam kondisi hujan. Datang ke Bengkel Resmi untuk perawatan berkala.

Pemeriksaan Oli Mesin

Saat hujan kondisi udara yang banyak mengandung air dan terdapat genangan air di beberapa jalan yang tinginya lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa) tentunya akan memudahkan air masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli. Hal itu mudah dideteksi pengendara yaitu dengan melihat oli apakah berubah warna menjadi "PUTIH SUSU". Jika ya artinya air sudah tercampur. Segera lakukan penggantian oli jika telah melewati jalan banjir yang cukup tinggi. Hal ini guna menghindari kerusakan yang lebih parah pada mesin.

Pemeriksaan Filter Udara

Air dapat masuk juga lewat filter udara. Terutama jika melewati genangan air yang cukup tinggi atau banjir. Jika air tidak terlalu tinggipun berpotensi masuk ke mesin terutama jika kendaraan roda empat melaju disamping sepeda motor atau dari arah berlawanan. Akan membuat gelombang air dan menghantam bagian depan motor akibatnya air masuk melalui filter udara. Jika jumlah air terlalu banyak yang masuk , akan berakibat yang lebih parah yaitu "Water Hammer". Water hammer adalah pukulan yang keras pada ruang bakar yang menyebakan kerusakan parah pada mesin seperti : Bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah dll.

Pemeriksaan Sistim Pengereman

Periksalah fungsi kerja Rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman sebelum mengendarai beberapa kali untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik, selain fungsi deteksilah apakah ada suara berdecit jika ya, artinya permukaan Lining Kanvas Rem sudah licin dan perlu perawatan. Jika fungsinya terasa kurang baik periksalah ketebalan Rem dengan melihat langsung tebal Pad (Rem Disk) dan lihat indikator ketebalan pada Rem tipe Drum. Jika terlalu kecil segera lakukan penggantian di Bengkel Resmi.

Pemeriksaan Sistim Kemudi

Yang terakhir, periksalah sistem kemudi, karena diperlukan kestabilan yang baik saat berkendara saat hari hujan. Disamping itu sulit memprediksi kondisi jalan seperti lubang , bebatuan atau saat menghindari pengendara lain yang tiba tiba berhenti. Mintalah mekanik Bengkel Resmi untuk memeriksanya. Atau anda bisa lakukan tips berikut untuk pemeriksaan awal :

  1. Posisikan sepeda motor pada Standard Utama (Main Stand)
  2. Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok, tapi sebelum itu pastikan Posisi Jari tangan anda tidak terlalu dekat dengan Disk Brake Depan karena akan terluka. Kondisi Sepeda motor tidak goyang goyang dan pastikan disekitarnya tidak terdapat orang lain.
  3. Dorong dan tarik kearah depan dan belakang.
  4. Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran atau tidak.

Jika terdapat kelonggaran (Oblak), segeralah minta mekanik untuk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya.

TIPS PERSIAPAN SEBELUM BERKENDARA

Helmet

Saat hujan lebat dapat menyulitkan pandangan pengendara, apalagi jika hujan sangat lebat. Diperlukan Helmet yang dilengkapi dengan kaca pelindung sehingga pandangan tetap aman saat berkendara. Periksalah kaca helmet tidak boleh buram atau baret baret.

Tips : Biasanya saat berkendara saat hari hujan , napas kita akan membuat embun dibagian kaca bagian dalam. Dan saat hujan lebat sulit melihat dengan pandangan yang jelas. Oleskan Cairan "Shampo" Pada permukaan kaca untuk menghilangkan sisa oli atau kotoran. Hal ini akan memudahkan saat mengusapnya kotoran saat berkendara.

Jas Hujan

Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu besar , pilihlah yang ukurannya pas di tubuh kita atau jenis "Celana Panjang" karena akan mempwermudah gerakan tubuh saat berkendara. Hindari penggunaan jas tipe "JUBAH" karena sangat berbahaya, sebab ukuran yang terlalu besar membuat selalu berkibas terkena terpaan angin bahkan tidak jarang tersangkut pada bagain rantai, hal ini tentunya dapat menyebabkan kecelakaan.

TIPS MELEWATI KONDISI JALAN

Jalan dengan genangan air

Saat melewati genangan air, usahakan untuk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi ban berkurang. Jika kondisi lalu lintas disekitarnya memungkinkan, usahakan untuk menghindarinya karena kita tidak tahu sedalam apa genangan air tersebut.

Jalan dengan banyak pasir, berlumpur atau banyak daun kering

Jalan seperti ini juga bisa membuat kita kehilangan kontrol kemudi atau ban selip. Cara terbaik memang dengan menghindari, namun jika sudah terlalu dekat akan sangat berbahaya untuk berbelok-belok menghindar. Sebaiknya kurangi kecepatan dan melintas secara perlahan.

Polisi tidur

Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan lewati secara tegak lurus.

Jalan bergelombang atau berbatu - batu

Untuk melewati jalan seperti ini, gunakan gigi rendah dan melintas perlahan dengan hati - hati. Hindari memindah gigi dan berkendara dengan sedikit mengangkat pantat akan lebih memudahkan untuk menyeimbangkan kendaraan.

Melewati lempeng baja

Pada jalan yang sedang ada perbaikan gorong-gorong, kadang kita harus berjalan diatas lempeng baja contoh Perlintasan Kereta Api / Rel, penutup lubang saat perbaikan jalan dll. . Jika kondisi basah dan sedikit berlumpur, lempeng baja akan menjadi sangat licin. Melintas dengan perlahan dan hati-hati.

Tumpahan oli

Oli yang tumpah dijalan sangat membahayakan karena dapat menghilangkan traksi ban, kemudi menjadi susah dikontrol. Saat melewati tumpahan oli, usahakan jangan sampai melewati dengan kondisi miring / berbelok. Lebih baik berjalan tegak lurus dan usahakan mengurangi kecepatan.

Kondisi hujan

Jalan yang basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak lebih panjang agar terhindar dari tabrak belakang. Saat berbelok juga harus dalam kecepatan yang lebih rendah daripada saat kita melewati dalam kondisi kering.

Demikian tips-tips di atas yang dapat mengingatkan agar dapat berkendara secara aman.

READMORE
 

Happy Birthday



Kadang kita tidak pernah merasa, ketika "Dia" berangsur-angsur meninggalkan kita, dan menyisakan banyak kenangan. Kenangan indah hingga kenangan akan segala kekurangan kita. Yang kita tahu "Dia" takkan kembali. dan hanya orang yang mengambil pelajaran yang akan menemukan makna atas kehadirannya. Ya Allah, jadikan saudara, sahabat, temanku ini menjadi orang yang mempu menjadikan tiap umurnya adalah nafas-nafas perjuangan Dien-Mu. Barakallahi Dia......

Selamat bermuhasabah di penambahan usia, semoga hidup semakin hidup.

Jus tomat dicuri mak lampir...selamat hari lahir....

Syurga banyak bidadarinya......semoga tambah berkah usianya...



Sekian tahun sudah kehadiranmu mempengaruhi orang-orang sekitarmu,

dan setiap perbuatanmu telah membentuk karaktermu,

dan setiap langkahmu telah membawamu mendekati atau menjauhi

cita-citamu,

dan kelak...

setiap tarikan nafasmu akan dimintai pertanggungjawabannya,

untuk menentukan tempatmu di alam yang abadi...

Selamat Ulang Tahun

Semoga langkah-langkahmu semakin matang

dan selalu membawamu ke arah yang lebih baik.



Hal yang terkecil membentuk kesempurnaan, namun kesempurnaan bukanlah hal yang kecil. Happy b’day Rismalia A'e Naibaho



Dengan hati yg tulus

Dalamnya cinta yg begitu putih

Pejamkan matamu

Rasakan dari hati kehati

MUACH…

Kecupan hangat dikeningmu

Tanda kasih sygku

HAPPY BIRTHDAY Ya aaaaaaaayyy...

Moga panjang umur

Dan esok pagi bukalah matamu

Lihatlah indahnya surya pagi

Menyapamu

Bersama doaku yg akan slalu

Menyinari langkahmu...

amin ya rabbalalamiiinnn.....





To : Rismalia A'e Naibaho

READMORE
 

Perangkat Keras Dan Komputer



Komputer adalah sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dengan komponen yang lain nya sehingga dapat di gunakan untuk memasukan data, dan menghasilkan informasi. Agar dapat memproses data, dan menghasilkan informasi, maka perangkat computer harus terdiri atas media masukan, CPU dan perangkat output.

Secara bahasa, perangkat keras (hardware) dapat diartikan sebagai sesuatu yang berwujud nyata. Jika kita berbicara mengenai hardware computer, maka kita akan berbicara tentang benda- benda computer yang tampak secara nyata dan jelas.

Hardware merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam pengoprasian computer. Bagian lain yang juga harus eksis adalah brainware (factor manusia) dan software (perangkat lunak ) berupa program. Ketiga halini harus ada sebagai syarat pengoprasian Komputer.

Komputer juga merupakan peralatan yang berhubungan dengan listik. Komputer terdiri dari perangkat keras yang merupakan rangkaian- rangkaian elektronik dengan perangkat lunak didalamnya. Perangkat keras Komputer merupakan perangkat elektronik yang sensitive terhadap arus listrik karena itu kita harus menjaga agar perangkat tersebut dari kerusakan akibat dari mati listrik. .

Mati listrik juga akan menyebabkan kita kehilangan data saat computer tersebut digunakan. Menurut sebuah survey, mati listrik adalahpenyebab kerusakan nomor satu. Untuk mengatasi hal-hal yang tidakdiinginkan saat mati listrik ketika menggunakan computer, maka hal –hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, apabila aplikasi yang biasa dikerjakan aplikasi office, settinglah aplikasi itu agar melakukan penyimpanan setiap sekian menit. Itu menjaga agar tulisan yang kamu tulis tidak menghilang begitu saja ketika aliran listrik padam. Lebih- lebih kamu memiliki sifat pelupa.

Kedua, gunakan media tambahan seperti Unit Of Power Storage(UPS).memang aliran listrik disalurkan UPS tidak lama, tapi waktu itu memungkinkan kamu menutup seluruh aplikasi yang tengah kamu jalankan, lalu kamu mematikan system

READMORE
 

Ilmu Pengetahuan Dan Technologi



Dalam rangka meningkatkan sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang baik dan berkualitas, maka diperlukan ilmu pengetahuan dan Teknologi Nasional yang alur pengetahuannya maju dan berimbang. Hal ini diperlukan agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin bertambah dan semakin berkembang dengan baik dan sempurna, baik itu dikalangan intelektual, mahasiswa, politikus dan seluruh lapisan masyarakat dari kalangan atas sampai kalangan bawah.

Arah kemajuan zaman yang semakin tinggi sehingga menimbulkan kecendrungan moral akan mempengaruhi IPTEK nasional ini yang takdapat dipungkiri lagi keberadaannya.

IPTEK nasional mengacu pada alih teknologi modern yang senantiasa mengaktualisasikan dengan potensi hal itu. SDM bangsa indonesia yang pada umumnya teknologi dapat diterima dengan baik tanpa ada dampak yang begitu buruk. Sadar akan hal itu pemerintah senantiasa berusaha memacu sampai sejauh mana perkembangan IPTEK tersebut dengan alternatif langsung dengan perkembangan para potensi individual masyarakat Indonesia yang hakekatnya memajukan potensi bangsa.

READMORE
 

Yamaha YZF R15



New Delhi - Setelah jadi bahan pergunjingan di dunia maya , Yamaha akhirnya memastikan kelahiran generasi baru dari motor sport andalannya R15 di India. Generasi dari motor yang merupakan saudara dari V-ixion ini akan segera diperkenalkan pada 6 September mendatang.



Seperti detikOto kutip dari motorbeam, Kamis (18/8/2011), Yamaha memastikan hal tersebut setelah mengirimkan undangan ke kalangan media di India guna menyaksikan peluncuran R15 generasi baru di New Delhi.



Motor yang di undangannya dinamakan R15 version 2.0 ini diklaim akan menampilkan aura sport yang kuat dan menyuguhkan berbagai perubahan tampilan dibanding R15 generasi sebelumnya.



Banyak spekulasi berkembang terkait motor baru Yamaha tersebut. Perubahan pun digadang-gadang akan menyentuh berbagai sektor mulai dari desain headlamp terbaru di bagian depan motor, desain fairing anyar di samping hingga berbagai ornamen baru seperti LED tail lamp hingga disain split seat di buritan. Artinya, motor ini akan menampilkan wajah yang benar-benar berbeda dibanding yang sudah ada.



Mesin 150 cc yang digendongnya pun kini memiliki tenaga hingga 22 PS, naik signifikan dari generasi sebelumnya yang hanya memiliki tenaga sebesar 17 PS saja.



Dengan perubahan tersebut ditambah pelek 10 inchi dengan desain terbaru, Yamaha pun yakin R15 V2 ini akan mampu membungkam sang rival, Honda yang sudah lebih dahulu memperbaharui tampang CBR150R.



Sumber http://us.oto.detik.com/read/2011/08/18/134130/1705966/1208/yamaha-r15-meluncur-6-september?o9922011208

READMORE
 
diooda